Kamis, 26 Maret 2009

Beasiswa Depdiknas Bagi Dosen S2 dan S3 Luar Negeri Tahun 2009

Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi membuka pendaftaran beasiswa S2 dan S3 luar negeri untuk tahun 2009, bagi dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap PTS di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Beasiswa untuk program S2 selama 2 tahun, dan program S3 selama 3 tahun.
Dalam rangka peningkatan mutu dosen, Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi membuka pendaftaran beasiswa S2 dan S3 luar negeri untuk tahun 2009, bagi dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap PTS di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Beasiswa untuk program S2 selama 2 tahun, dan program S3 selama 3 tahun.
Pendaftaran dan seleksi dilakukan dalam 3 tahap:
- Tahap I: pendaftaran ditutup tanggal 28 November 2008, dan seleksi direncanakan pada bulan Desember 2008;
- Tahap II: pendaftaran ditutup tanggal 27 Februari 2009, dan seleksi direncanakan pada bulan Maret 2009;
- Tahap III: pendaftaran ditutup tanggal 29 April 2009, dan seleksi direncanakan pada bulan Mei 2009.
Setiap pelamar melengkapi:
1. Form A dari Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi yang telah diisi;
2. Letter of Acceptance dari perguruan tinggi yang terakreditasi;
3. Fotocopy ijasah S1 bagi pelamar jenjang S2 dan S2 bagi pelamar jenjang S3;
4. Bukti kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS), Jerman, Perancis, Jepang atau bahasa lain, sesuai tempat studi (tidak lebih dari dua tahun terakhir);
5. Khusus untuk pelamar S3 melampirkan rencana riset yang telah disetujui calon pembimbing di luar negeri;
6. Surat pengantar dari pimpinan perguruan tinggi.
Bagi mereka yang sedang studi di luar negeri, pendaftaran dilakukan melalui perguruan tinggi tempat bekerja (diberi pengantar oleh pimpinan perguruan tinggi, baik secara individual atau kolektif), dengan kelengkapan:
1. Seperti butir 1, 3 dan 4 tersebut di atas;
2. Laporan kemajuan studi yang diketahui/disahkan oleh pembimbing
3. Rencana penyelesaian studi.
Bagi pelamar beasiswa tahun 2008 yang belum mendapatkan beasiswa, perlu memperbaharui lamaran dengan kelengkapan:
1. Form A dari Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi yang telah diisi dengan data terbaru;
2. Kelengkapan lain sesuai dengan posisi masing-masing (masih belum berangkat atau sedang studi di luar negeri) yang pada tahun 2008 belum atau kurang lengkap. Untuk memudahkan, diharapkan mengirim copy baru dari kelengkapan tersebut.
Berkas pendaftaran dikirim ke alamat:
Direktur Ketenagaan
Gedung D Lantai 5 Komplek Depdiknas
Jalan Jenderal Soedirman Pintu I - Senayan, Jakarta 10270
Telp./Faks : (021) 57946052/53
Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
a.n. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
Direktur Ketenagaan
Ttd
Muchlas Samani
NIP. 130516386

Rabu, 25 Maret 2009

FULBRIGHT

FULBRIGHT
PROGRAMS FOR 2009 - 2010 STUDY YEAR
AMERICAN INDONESIAN EXCHANGE FOUNDATION (AMINEF)

FULBRIGHT PROGRAMS
The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), established in 1992, is a bi-national non-profit foundation that administers the Fulbright Program in Indonesia. Fulbright and related programs through AMINEF annually award more than 160 scholarships to Americans and Indonesians to study, teach, or conduct original research in a variety of disciplines. Please consult the AMINEF website (www.aminef.or.id) or periodic announcements and leaflets for specific program requirements, criteria for selection, and application deadlines. Grants are competitive, comprehensive, and generally cover tuition and fees, textbook allowance, monthly maintenance, international airfare, and health insurance.

PROGRAMS FOR INDONESIANS

General Program Description

The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) annually offers Fulbright scholarships to study in the United States. The primary focus of the Fulbright Program in Indonesia is to promote mutual understanding between the Republic of Indonesia and the United States of America through educational exchange and academic scholarship. Fulbright scholarships are available to Indonesian citizens with the appropriate qualifications as stipulated in the program descriptions listed below.

General Requirements for All Programs :
•Leadership qualities
•A good understanding of Indonesian and international cultures
•A demonstrated commitment to the chosen field of study
•A willingness to return to Indonesia upon completion of the Fulbright program.

Please note : Clear and concise written a Study Objectives and Research Proposals are extremely important factors in being considered for all Fulbright Programs.

Important Required Testing Information

Degree student candidates must take the Graduate Record Examination (GRE for all fields except Law and Business) or Graduate Management Admission Test (GMAT for business administration, finance, accounting) if they are selected. It is recommended that applicants begin to familiarize themselves with the above test.

Fulbright Student Program Alumni
Fulbright student program alumni are not eligible to apply to get a second student grant.

MASTER’S DEGREE PROGRAMS

Fulbright Master’s Degree Program
Preference will be given to applicants who serve as faculty members of state or private institutions of higher education in Indonesia. However, all qualified individuals are eligible to apply.

Applicants will possess:
•A Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.00 (4.00 scale)
•A minimum TOEFL score of 550

Deadline: May 31, 2009

Fulbright-Freeport Master’s Degree Program
Preference will be given to Indonesian citizens from Papua who are faculty members at state or private institutions of higher education.

Applicants will possess:
•Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.00 (4.00 scale)
•A demonstrated commitment to the development and service of Papua
•A minimum TOEFL score of 500

Deadline: May 31, 2009

Ph.D. PROGRAM

Fulbright Presidential Scholarship Program (Ph.D. Program)

This open competition is for applicants who serve or plan to serve as faculty members of state or private institutions of higher education in Indonesia.

Applicants will possess:
•Master’s degree with a minimum GPA of 3.00 (on a 4.00 scale)
•A determination to take up academic positions in higher education upon their return
•A minimum TOEFL score of 575. A score of 550 will be considered for certain fields

Deadline: May 31, 2009

RESEARCH PROGRAM

Fulbright Doctoral Dissertation Research Program

This research grant is intended to provide U.S. research opportunities to Indonesian university doctoral candidates who are in the final stages of writing their dissertation. The grant duration is for a period of three to six months. Applicants should have a minimum TOEFL score of 575 to participate in this program.

Deadline: May 31, 2009

OTHER PROGRAMS

Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals

Hubert H. Humphrey fellowships enable Indonesian mid-career professionals to participate in non-degree programs that combine academic coursework at the graduate level with professional development activities in the U.S. for a perioed of one academic year (9 months). Candidates are typically administrators in leadership positions with a minimum of five years of work experience who represent either the public or non-profit private sectors, including Non-Governmental Organizations (NGO’s) who are committed to public service.

Applicants will possess:
•Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 2.75 (4.00 scale)
•A minimum TOEFL score 525.

Deadline: May 31, 2009

Fulbright Visiting Specialist Program

The Fulbright Visiting Specialists Program provides grants for Indonesian scholars and practitioners to conduct intensive three to six week programs of teaching, lecturing and public outreach on topics in Islamic civilization and developments in the Muslim world. Ideal applicants are scholars or practitioners with outstanding records of academic, professional, community service, the ability to address topics in Islamic civilization in addition to teaching in their own disciplines and about Indonesia, the ability to communicate effectively and diplomatically in English and the desire to serve as a cultural ambassador. The program does not support research and provides no time for the participants to pursue personal projects. Participants may be in fields of Islamic and area studies, political science, international relations, business and economics, history, women’s studies, journalism, sociology, religion, literature, anthropology, and the arts.

Deadline: May 31, 2009

International Fulbright Science and Technology Award for Ph.D. Study

The AMINEF is pleased to announce the availability of approximately 40 awards to be competed worldwide under the aegis of International Fulbright Science and Technology Award for Ph.D. study at top U.S. institutions in science, technology, or engineering for the 2008 - 2009 academic year matriculants. Fulbright scholarships for this particular program are available to Indonesian citizens with the appropriate qualifications as stipulated below.

Applicants will possess:
•A Bachelor and/or Master’s degree with a minimum GPA of 3.0 (on a 4.00 scale)
•Undergraduate students who will complete the degree before August 1, 2008 may also apply
•A minimum TOEFL score of 580 at the time of application
•A minimum GRE quantitative score of 700 (GRE test will be required if selected for nomination)

Deadline: April 15, 2009

FULBRIGHT FOREIGN LANGUAGE (BAHASA INDONESIA)TEACHING ASSISTANT (FLTA) PROGRAM

Applicants must be English language teachers or currently in training to become an English language teacher and must be able to demonstrate a commitment to English language teaching upon return to Indonesia following the award. The program is for one academic year (9 months) and requires the grantee to teach Indonesian language and culture in the U.S. for 20 hours per week and to enroll in at least two U.S. Studies and/or ESL methodology classes per semester under a full tuition waiver.

Applicants who are no older than 29 years of age at the time of application will possess:
•a Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.0 (4.00 scale)
•a minimum TOEFL score of 550.

Deadline: May 16, 2009

Priority Disciplines

Fulbright Programs : All disciplines and fields of study are eligible for a Fulbright award as indicated. The Fulbright Program is eligible in some programs to sponsor foreign medical doctors only, if they are engaged in observation and research, NOT in patient care or medical training.

The Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals : Agricultural Development/Agricultural Economics; Communications/Journalism; Economic Development; Administration; Technology Policy and Management; Public Policy Analysis and Public Health Policy and Management (including HIV/AIDS policy and prevention; drug abuse education, treatment, and prevention. Researchers, treatment providers, prevention specialists, and program planners at governmental or non-governmental organizations will also be considered for this award).

HOW TO APPLY
Candidates should complete the appropriate application forms and return them to AMINEF by the application deadline. Forms are available either by mail, in person at the AMINEF Office, Gedung Balai Pustaka, 6th floor, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720, or via the AMINEF Website at the following URL: www.aminef.or.id. Please return to AMINEF your complete application package by the application deadline that includes : - Completed application form. This includes a clearly written and concise study objective. - Copy of your most recent, less than two years old, TOEFL score report. - One letter of reference, either from your current employer or previous lecturer. - Copy of academic transcript and diploma (English translation). - Copy of identify document (KTP or passport).

CONTACT INFORMATION
Specific questions regarding the application process are accepted via e-mail at the following address : infofulbright_ind-at-aminef.or.idThis e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

The PDF form can be downloaded here:

* 2010 Fulbright Application Form
* 2010 Humphrey Letter of Reference
* FLTA Reference Letter
* Fulbright Reference Letter

Kenapa Jurusan IPS Gak ada Prakteknya?

Dewasa ini, telah menjadi hal yang lumrah, jikalau jurusan IPA sering dianggap lebih unggul dibanding jurusan IPS. Hal ini disebabkan oleh pelajaran yang dipelajari di IPA cenderung lebih tinggi beberapa tingkat dibanding IPS. Mungkin karena hal itu juga, pelajaran IPA pun selalu dilengakapi dengan fasilitas Laboraturium untuk praktek. Apakah hanya pelajaran IPA (Biologi, Fisika, Kimia) saja yang membutuhkan praktek? Apakah pelajaran IPS (Ekonomi, Geografi, Sosiologi) tidak butuh praktek?

Mungkin hal ini yang menyebabkan IPS dibilang jurusan hapalan (yang gak aplikatif). Hahaha.... mereka salah besar. Emangnya Biologi gak hapalan? Sebenarnya kedua jurusan di atas sama-sama membutuhkan praktek. Tapi sayangnya masih banyak pihak yang belum sadar tentang perlunya fasilitas praktek untuk jurusan IPS (Bahkan anak IPS itu sendiri). Mungkin dalam benak kita masih bertanya-tanya, emang IPS prakteknya ngapain? Tenang saja saya akan sebutkan sedikit saran saya untuk pihak sekolah agar anak IPS juga bisa dapet fasilitas untuk praktek.
  1. Bank Mini. Sebenarnya usul saya dapatkan dari guru sejarah saya (Pak Adi). Disana siswa-siswi bisa menyimpan uang mereka, lalu yang melakukan pengelolaan adalah siswa-siswa terpilih dari jurusan IPS. Selain bisa mempraktekkan pelajaran Akuntansi mereka, mereka juga bisa saling berkompetisi untuk mendapatkan jabatan sebagai pengurus Bank Mini
  2. Study Tour. Mungkin kita pernah melakukan Study Tour ke desa-desa nun jauh disana. Nah, yang saya maksud disini tuh bukan Study Tour yang jauh-jauh, banyak makan biaya dan waktu itu. Tapi study tour hemat dan cermat. Misalnya satu kelas dilepas di suatu terminal untuk mengamati interaksi masyarakat disana. Terus mereka disuruh untuk bisa mendapatkan data-data tentang masyarakat di terminal tersebut. Nah, kepakekan tuh ilmu sosiologinya.
  3. Jualan di Sekolah. Saya agak kurang suka melihat beberapa oknum di sekolah yang tidak suka muridnya berjualan di sekolah. Padahal ini akan menghasilkan jiwa-jiwa marketer yang nantinya akan dibutuhkan dalam dunia kerja. Nah, kalo yang ini gabungan antara ekonomi sama sosiologi.
  4. Memberikan tugas tentang kehidupan sehari-hari. Contohnya kalau geografi, buat sensus penduduk di RT kamu! Terus kalau ekonomi, buat laporan pengeluaran uang jajan kamu selama sebulan! Atau kalau sosiologi, sebutkan contoh perilaku menyimpang yang ada di lingkunganmu dan apa penyebabnya? Tugasnya lebih menantang kan? Daripada cuman disuruh ngerjain soal yang udah ada isinya di buku, mendingan saya baca buku aja daripada nyalin lagi. Betul gak?
Intinya jurusan IPA atau IPS sama saja. Tidak ada yang lebih tinggi satu sama lain. Tergantung dari minat dan bakat kita. Saya berpesan untuk teman-teman saya anak IPA, manfaatkan laboratiummu sebagai tempat untuk membuktikan ilmu yang kalian dapat dari buku. Jangan sia-siakan fasilitas yang sudah sekolah berikan. Terus buat anak IPS saya berpesan untuk terus berinovasi agar bisa merubah paradigma sebagian orang tentang jurusan IPS. Perjuangkan terus apa yang seharusnya menjadi hak kita! Gimana temen-temen, Ada usul lain gak?

Selasa, 24 Maret 2009

BANGKITLAH WAHAI GURU

Abstrak

Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan kewajibannya sebagaimana amanah Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pasal 40 ayat 2 yaitu guru harus mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, memberi teladan, menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

______________________________________________________________________

Bahwa pembangunan nasional dalam bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur dan beradab berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Jika kita melihat Indeks Pembangunan Manusia(IPM) Indonesia 2007-2008 masih bertengger di posisi 107 dari 177 negara. Vietnam dan Jamaika, dua negara yang memiliki potensi sumber daya manusia dan alam yang lebih kecil, mampu mengungguli Indonesia. Secara umum penilaian itu juga mewakili kondisi riil dari kualitas sumber daya manusia Indonesia, yang masih berada di atas 100. Pemeringkatan ini juga menjadi sebuah cermin adanya kegagalan dalam pembangunan manusia Indonesia.(Fathoni Moehtadi, Asdep Urusan pemberdayaan SDM Kementerian Ristek, dirilis Media Indonesia 29 mei 2008).

Mentalitas Guru

Disisi yang lain, guru sebagai tenaga pendidik yang seharusnya melaksanakan kewajibannya sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pasal 40 ayat 2 yaitu komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, memberi teladan, menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya, justru menjadi penghambat mutu pendidikan serta tidak dapat memberi contoh yang baik bagi siswanya.

Keputusan Mendiknas Bambang Soedibyo memidanakan para guru yang terlibat kasus pembocoran soal ujian Nasional ( UNAS) mendapat tanggapan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) saat itu Jimly Asshiddiqie. Meski niatnya baik, tindakan membocorkan soal adalah tindakan salah, selanjutnya Jimly menganjurkan guru untuk introspeksi soal akhlaq dan perilaku guru ( Jawa Pos, 26 Mei 2008).

Tindakan guru dan kepala sekolah membocorkan soal ujian kepada siswanya merupakan tindakan bodoh, meskipun dengan alasan adanya tekanan dari kepala sekolah dan kepala dinas terkait prosentasi kelulusan siswa di daerah tersebut atau alasan kasihan siswa jika tidak lulus. Sebab kalau ditelusuri tindakan tersebut membawa dampak yang besar bagi peningkatan mutu pendidikan bangsa hususnya dan menghambat kemajuan bangsa umumnya. Karena kemajuan bangsa indonesia kelak tergantung dari kejujuran, kemandirian dan tanggungjawab generasi mudanya yang kelak akan memimpin bangsa ini.

Profesionalisme guru dalam mengikuti sertifikasi juga patut dipertanyakan. Kecurangan-kecurangan guru dalam penyusunan portofolio demi mendapatkan sertifikat sering diperbincangkan dalam seminar, berita media cetak atau elektronik. Kalau tidak seperti itu mereka mengikuti sertifikasi dengan malas-malasan. Mereka beranggapan, mengapa harus repot menyusun portofolio, mengikuti workshop dan seminar, karena jika tidak lulus melalui portofolio masih bisa mengikuti jalur PLPG (Pendidikan latihan Profesi Guru), apalagi jalur tersebut terkesan memanjakan peserta karena tempat penyelenggaraannya dilaksanakan di hotel dan semua fasilitas gratis.lagi. “ pemikiran seperti ini kan salah, seharusnya mereka bangga bisa lulus melalui portofolio, bukan menunggu diklat untuk lulus. Selain itu anggaran pemerintah akan membengkak” ujar Dirjen PMPTK Depdiknas achmad Dasuki. (Jawa Pos 9 Desember 2008)

Pentingnya Peran Guru

Mengingat guru mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan, maka guru harus memperhatikan dan menerapkan kode etik guru diantaranya guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional, karena apapun perkataan, dan prilaku guru akan dilihat dan diperhatikan siswanya. Jika guru suka berlaku kasar dan suka menampar, maka pasti siswanya suka tawuran. Jika guru sering tidak jujur, maka siswanya pasti senang berbohong. Ibaratnya guru kencing berdiri murid kencing berlari.

Maka tiada kata lain wahai guru Indonesia mari bangkit dengan terus menerus meningkatkan kualifikasi, komitmen dan kompetensi baik pedagogis, kepribadian, sosial maupun profesional. Guna membangun bangsa ini menuju masa kemajuan dan kejayaannya.

By

Mudzakkir Hafidh

Guru SD Islam Raudlatul Jannah

Pepelegi Waru Sidoarjo

Jumat, 20 Maret 2009

Jangan Mau Jadi Pegawai

Mungkin sebagian besar anak SMA dan anak Kuliah ingin sekali kerja di tempat yang enak, dengan jabatan yang tinggi, serta gaji yang tinggi pula. Mereka juga pasti akan mencari jurusan yang berpeluang besar mendapatkan pekerjaan dengan kriteria di atas. Apakah benar semua orang ingin jadi pegawai? Terus yang mau bayar kita siapa dong? Makanya rubah pemikiran kita tentang pekerjaan.

Pekerjaan itu tidak selalu menjadi pegawai dan cara mencari pekerjaan pun tidak hanya melamar pekerjaan. Gue sering lihat nih banyak orang yang pontang panting nyari kerja, keliling jakarta, beli koran (buat ngelihat lowongan pekerjaan) tapi hasilnya seringkali kurang memuaskan. Menurut gue pribadi ada beberapa alasan yang bikin gue bahkan anda pembaca gak mau jadi pegawai:
1. Kesempatan kerja yang semakin lama semakin sedikit
2. Sulit untuk berkembang (palingan cuma naik jabatan, itu juga prosesnya lama)
3. Mematikan kreatifitas (Improvisasi kita sering dibatasi boss)
4. Gak tahan sama boss (apalagi kalo bossnya galak)
5. Bikin bosen (karena kita menjalani rutinitas yang hampir sama setiap harinya)

Gimana? Masih mau jadi pegawai? Ayolah sudah saatnya kita beralih menjadi wirausahawan. Come on Friend!!!

Selasa, 17 Maret 2009

Pendidikan Nasional VS Pendidikan Internasional

Sebagian dari kita masih rancu membedakan antara pendidikan internasional dan sekolah internasional. Di antara pendapat yang berkembang menyebut bahwa pendidikan internasional itu berciri khas seperti: Guru-gurunya adalah orang–orang asing, yang dalam kegiatan belajar-mengajarnya menggunakan bahasa Internasional. Lalu, kurikulumnya menggunakan kurikulum asing, seperti Singapore Curriculum, Australian Curriculum, dan yang semisal dengan itu. Sebenarnya, standar pendidikan internasional bukan sekadar pendidikan yang menggunakan tenaga pengajar asing dan harus berbahasa internasional. Itu, sekadar kulitnya. Pendidikan internasional harus dimaknai sebagai pendidikan yang menjadikan anak didik dapat berpikir secara terbuka, berwawasan luas, mengetahui dan memahami issue internasional (open and international minded). Maksud international minded adalah bahwa –sekarang dan kelak- para anak didik (akan) menjadi manusia yang 'berwarga-negara internasional' (dikenal dengan istilah global citizen), dimana kelak mereka mempunyai kemampuan berdaptasi untuk hidup bersama sebagai bagian warga dunia yang menjunjung tinggi nilai kedamaian dan kemanusiaan, saling menghormati terhadap berbagai perbedaan baik ras, suku. dan agama, serta mempunyai kesiapan baik keilmuan maupun pengalaman dalam mengarungi kehidupan global dengan landasan spiritual yang kuat. Jadi, pendidikan internasional bukan sekadar kulit belaka, namun lebih pada esensi yang terletak di dalamnya yaitu di aspek pembelajarannya.
Dalam pendidikan internasional, kurikulum yang diterapkan boleh-boleh saja kurikulum nasional, seperti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, tetapi di dalamnya disisipkan pendidikan untuk ber-internasional. Artinya, anak didik diberi pendidikan tentang hidup dalam suasana damai di dunia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dalam four pillars of education in UNESCO, ada empat dasar pendidikan, yakni: Learning to know (belajar untuk mengetahui); Learning to do (belajar untuk bertindak); Learning to be (belajar untuk menjadi seseorang yang bermanfaat); dan Learning to live together (belajar untuk hidup bersama dengan sesama dengan landasan saling menghormati dan saling menghargai). Pertanyaannya sekarang adalah apakah sistem pendidikan kita sudah mengacu ke sana? Apakah dengan dicanangkannya kurikulum baru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, kelak akan muncul manusia Indonesia yang berbudi luhur dan berpikiran global? Semua ini menjadi PR (pekerjaan rumah) kita bersama. Perguruan Islam Raudlatul Jannah, sebagai sebuah Lembaga Pendidikan, sadar akan adanya perubahan ini. Bahwa siswa perlu penambahan wawasan menyeluruh sedemikian rupa dasar keagamaannya yang kuat dapat lebih kukuh dengan diberikannya pengetahuan global dan ketrampilan hidup, sehingga mereka mampu menjadi bagian dan sekaligus mengambil sejumlah peranan dari komunitas dunia, dengan tetap memegang teguh nilai dan norma agama, hukum, dan moral. Intinya, di titik ideal, kemampuan belajar (learning skill) siswa yang dikembangkan dari setiap potensi dan kefitrahan yang mereka bawa sejak lahir tidak hanya bertumpu pada thinking skill (ketrampilan berfikir) saja -sebagaimana misi diadakannya Ujian Nasional (UNAS)-, namun seluruh potensi dan keunikan siswa harus terus dikembangkan melalui spiritual skill (kemampuan dalam menjalankan perintah agama), social skill (kemampuan berintraksi sosial), comunication skill (kemampuan berkomunikasi dengan baik), research skill (kemampuan mengadakan penelitian secara sederhana) dan problem solving skill ( kemampuan untuk dapat mencari sebuah solusi yang cerdas terhadap segala permasalahan sesuai dengan peran masing-masing).

Senin, 16 Maret 2009

Banyak guru yang salah memotivasi siswa dalam menghadapi UNAS (Ujian Nasional). Sampai-sampai “membinatangkan” siswa

Hidayatullah. com—Banyak orangtua dan guru salah memotivasi para siswa. Bahkan tidak memanusiakan mereka. Demikian peryataan trainer dan konsultan pendidikan, Muhammad Fauzil Adhim mengawali seminar merancang motivasi siswa di Gedung Diknas Surabaya.

There is no instant motivation (tidak ada motivasi yang cepat), yang dapat meng-install otak siswa, ujar Fauzil Adhim mengawali acara yang dihadiri sekitar 200 peserta itu.

Menurutnya perilaku instan hanya berlaku untuk mie atau makan siap saji, sedangkan memotivasi siswa diperlukan waktu yang kontinu dan trik khusus. Tidak asal memotivasi. Salah satunya, sinkronisasi isi dan gesture dalam memotivasi. Sebab, menurutnya komunikasi 80 persen dipengaruhi oleh gerak tubuh atau gesture.

“Bayangkan, jika Anda memotivasi, dengan suara rendah serta tanpa gesture, tentunya sangat membosankan bagi siswa” ujar Fauzil dengan suara lantang.

Dalam acara yang diselengarakan oleh Majalah Hidayatullah ini, penulis buku-buku parenting ini mengatakan bahwa banyak guru yang salah dalam memberi motivasi pada siswa. Sehingga yang terjadi bukannya murid berubah, malah sebaliknya siswa tidak mengalami perubahan signifikan. Dalam kasus UNAS, misalnya, guru sering memotivasi siswa dengan cara menjadikan UNAS sebagai “monster”.

UNAS dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan dan segalannya bagi siswa. Sehingga, guru mem-pressure siswa untuk belajar dengan sangat keras hanya untuk nilai. Hal ini, menurut Fauzil tidak akan membuat siswa semangat menghadapi ujian, justru akan takut.

Selain itu, waktu siswa hanya terporsir untuk belajar dan belajar tidak ada waktu untuk refresing. Beda halnya jika memotivasi dengan merubah paradigma siswa. “Jadikan UNAS sebagai ajang untuk berprestasi bukan untuk ditakuti,”tuturnya. Fauzil menyayangkan, banyak guru atau orang tua siswa yang mengkarantina siswanya , setiap waktu mendekati UNAS dengan menyuruhnya belajar dan belajar sehingga menyita waktu refresing dan lainnya.

“Bedakan, antara siswa dan binatang, jika hewan dikarantina, sedangkan siswa tidak,” ujarnya.

Selain masalah UNAS, menurut Fauzil, guru juga sering merusak motivasi intrinsik (intrinsic motivation) siswa. Guru sering memotivasi siswa dengan memuji. Atau menyuruh anak berprestasi karena bakal mendapat tepuk tangan dan pujian, memperoleh masa depan yang cerah atau menjadi orang hebat. Padahal, menurutnya bentuk motivasi itu hanya akan menjadikan siswa menjadi riya dan sum’ah. Selain merusak, motivasi itu tidak permanent dan berbahaya. Sebab, bisa merapuhkan mental siswa. [ans/www.hidayatullah. com]

Rabu, 11 Maret 2009

PAK GURU SIAPKAH BERSAING DENGAN INTERNET?

PESATNYA arus globalisasi serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)saat ini menuntut perubahan sikap dan pola pikir guru. Sebab, peran guru saat ini makin tersaingi dengan keberadaan internet dan televisi. Sekolah melalui gurunya harus bisa menjadi lembaga yang tidak sekadar transfer ilmu, tetapi juga nilai-nilai luhur.
Demikian benang merah imbauan yang disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf saat menjadi pembicara keynote dalam Kuliah Umum yang diselenggarakan Majalah Guruku, Selasa (10/3) di Sabuga. Kegiatan yang diadakan cuma-cuma ini diikuti sekitar 1.500 guru se-Bandung Raya.
Menurutnya, internet dan televisi sebetulnya merupakan alternatif sumber belajar. Namun, pada kenyataannya, tidak jarang ini menggeser peran guru sebagai penyampai ilmu. "Saya terkejut anak saya yang baru berumur 8 tahun sudah pandai buka-buka website. Ditanya dia ikut les atau tidak, ternyata dia jawab tidak," tuturnya.
Dari pengalaman ini muncul pesan, internet dalam wadah TIK merupakan sumber yang luas untuk belajar. Jika guru tidak memutakhirkan dirinya terhadap perkembangan TIK, ucapnya, maka daya saing bangsa akan kian tertinggal. "Ke depan kan bakal banyak guru-guru asing mengajar di Indonesia, khususnya Jabar. Yang saya khawatirkan, justru mereka berasal dari Negara Jiran. Ini adalah tantangan."
Fenomena situs jaringan pencari kawan macam Friendster dan Facebook, ucapnya makin menegaskan fenomena masyarakat digital. Dalam konsep ini, masyarakat bagaikan sebuah keluarga besar yang melintasi batas wilayah dan saling aktif bertukar informasi. Sekolah, ucapnya, merupakan benteng untuk menyaring budaya global yang tidak sesuai budaya lokal. Di sinilah sekolah berperan sebagai lembaga transfer nilai.
Dalam kuliah umum, Kepala Subbidang Penghargaan dan Perlindungan Guru Direktorat Jenderal Depdiknas RI Dian Mahsnah mengatakan, guru sejatinya tetap kunci dalam proses pembelajaran. Namun, sebagai agen perubahan, guru dituntut harus mampu melakukan validasi-memperbaha rui kemampuannya, sesuai dengan tuntutan zaman agar tidak tertinggal.
Krisis guru idola
Menyinggung soal masih banyaknya guru yang gagap teknologi, menurutnya, hal ini lebih disebabkan karena faktor individu, enggan memperbaiki diri. Dengan adanya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), guru sebetulnya dituntut lebih memberdayakan TIK untuk proses pembelajaran bermutu. Demikian diucapkannya.
Hal yang tidak kalah penting adalah membiasakan mengajar dengan menyenangkan. Dengan demikian, pembelajaran menjadi semakin menarik bagi siswa. Berdasarkan survei yang disampaikannya, saat ini tengah terjadi krisis guru idola di Indonesia. Tingkat kepanutan guru di mata siswa hanya 58 persen. Kalah jauh dibandingkan tingkat panutan orangtua (90 persen), bahkan sesama teman sebaya (88 persen).
Menurut Pemimpin Redaksi Majalah Guruku Ismed Hasan Putro, guru merupakan penentu peradaban suatu bangsa, ujung tombak pendidikan. Selayaknya, anggaran 20 persen untuk pendidikan, 40 persennya diarahkan untuk perbaikan kesejahteraan guru. Demikian dikatakan Ketua Masyarakat Profesional Madani ini.

http://kesehatan. kompas.com/ read/xml/2009/ 03/10/20241954/ pak.guru.siapkah. bersaing. dengan.internet

Senin, 09 Maret 2009

DILARANG PROTES!

www.bam.gov

Trust! Kepercayaan adalah unsur paling penting yang harus ada dalam hubungan murid dengan guru. Jika murid tidak memiliki kepercayaan yang bulat dan mendalam kepada gurunya, maka sebaik apa pun kemampuan guru menguasai materi, tak akan berpengaruh banyak pada keberhasilan pendidikan. Murid mungkin menguasai mata pelajaran dengan baik, tetapi ia tidak berhasil membangun jiwanya. Kualitas pribadinya tidak berkembang dan ketaatannya pada nilai-nilai yang dibangun oleh guru hanya berlaku selama guru tersebut masih memiliki kekuatan. Ini berarti peserta didik –para murid—tidak berhasil mengembangkan sikap sami'na wa atha'na (kami dengar dan kami taat), melainkan ketidakberdayaan. Sesungguhnya, ketundukan pada perintah itu ada bermacam-macam jenisnya. Pertama, taat karena percaya dan mengilmui apa-apa yang diperintahkan kepadanya. Mereka inilah yang mengambil sikap sami'na wa atha'na. Kedua, taat karena percaya penuh disertai pengabdian yang bulat tanpa mengilmui apa-apa yang dikerjakannya. Mereka inilah orang-orang yang taklid. Kedua, taat karena tidak berani melawan. Ilmu tak ada, kepercayaan rendah, pengabdian pun tak ada. Mereka inilah orang-orang yang tak berdaya. Dan sesungguhnya ketundukan yang timbul semata karena ketidakberdayaan merupakan ancaman yang sewaktu-waktu bisa meledak dan melemahkan setiap sendi kebaikan. Terlebih ketika orang tak bisa membedakan mana ketaatan yang diil-mui, mana taklid dan mana ketidakberdayaan.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Karena itu, agar anak-anak yang mewarisi masa depan ini mampu menjadi pemimpin yang mendasarkan pada kebenaran, bertumpu pada Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan keper-cayaan yang mutlak, mereka harus memperoleh pengalaman pendidikan yang di dalamnya terdapat iklim kepercayaan yang kuat terhadap guru. Mereka kita siapkan dalam lingkungan yang memiliki penghormatan dan adab yang tinggi terhadap guru.

Menancapnya kepercayaan yang kuat dalam dada setiap murid –bukan sekedar siswa— akan melahirkan dorongan untuk melihat, mendengar, meniru dan menghayati setiap tutur dan perilaku guru. Mereka memiliki sikap positif terhadap guru, mencintainya dan menjadi-kannya sebagai figur teladan. Jika guru mengembangkan hubungan yang hangat dan empatik, maka para murid akan mengarahkan diri mereka masing-masing untuk siap memperhatikan dan mematuhi setiap yang mereka dengar dari gurunya. Ini berarti, sekiranya guru tidak me-miliki keterampilan mengajar yang memadai, sementara kualitas pribadi sebagai figur yang layak diteladani dan dipercaya mampu menjalin kedekatan emosi dengan murid, maka pro-ses pembelajaran dan pendidikan akan tetap berlangsung efektif. Kata-kata guru akan tetap berpengaruh kuat pada diri murid meski suara mereka lemah dan cara penyampaiannya tidak atraktif.
Artinya, mengajar (ta'lim) sebagai proses transfer ilmu hanya bagian permukaan dari keseluruhan kegiatan mendidik di sekolah.

Jika ini terjadi, insyaAllah guru mampu mengelola para muridnya di kelas secara man-diri dan efektif. Tidak perlu dua orang guru untuk mengelola satu kelas yang terdiri dari 40-50 orang murid di dalamnya, sekalipun untuk SD kelas bawah yang rata-rata usia muridnya masih berada pada rentang 6-8 tahun.

Apa jumlah murid sebanyak itu tidak menciptakan keributan? Jawabnya sederhana. Jika kelas tidak efektif, 24 murid dengan 2 guru sekalipun tetap menghasilkan kegaduhan. Seba-liknya kelas besar yang efektif akan menciptakan iklim pembelajaran yang sangat kondusif dan dinamis. Chua Chu Kang, sebuah sekolah dasar di Singapura menerapkan pembelajaran kelas besar dan hasilnya... luar biasa, baik dari segi karakter maupun kompetensi.

Artinya, bukan rasio guru-murid yang menjadi faktor penentu utama keberhasilan kelas. Rasio guru-murid 1:10 tidak menunjukkan kualitas apa pun bagi sebuah sekolah jika guru ti-dak memiliki kemampuan dipercaya (trustworthiness) yang tinggi dan kualitas hubungan yang hangat. Sama seperti laboratorium bahasa atau komputer, kehadirannya tidak serta merta men-jadikan sekolah memiliki kualifikasi tinggi jika perubahan fisik tidak disertai dengan perubah-an paradigma dan cara berpikir.

Itu sebabnya, perlu kerjasama yang baik antara guru dan orangtua agar setiap murid me-miliki tingkat kepercayaan (trust) tinggi pada guru. Sebagaimana murid, para orangtua juga harus menjalani, menghormati dan menjaga adab sebagai orangtua murid terhadap guru se-laku murabbir ruh (pendidik dan penata jiwa) serta sekolah sebagai lembaga yang menyiapkan para murid untuk menjadi orang yang berilmu, gemar mencari ilmu, suka beramal shalih dan memiliki rasa tanggung-jawab untuk senantiasa mengingatkan saudaranya agar menetapi kebenaran. Apa pun yang dilakukan oleh guru dan sekolah, orangtua tidak boleh protes dan menunjukkan celaan di hadapan anaknya. Sebaliknya, orangtua justru harus menjadi pene-ngah yang membantu anak memahami guru dan sekolah, atau memberi perspektif positif pada diri anak dalam memandang guru maupun sekolah.

Ini bukan berarti tak ada jalan bagi orangtua untuk memperbaiki dan bahkan mengoreksi guru secara total –jika memang harus terjadi. Tetapi upaya untuk mengingatkan, menasehati dan memperbaiki guru maupun sekolah harus dilakukan dengan cara yang santun, menjaga kredibilitas guru dan sekolah, serta memperhatikan waktu dan tempat yang tepat. Dalam hal ini, sekolah bisa memfasilitasi dengan menyediakan majelis (forum) dan sarana bagi orangtua untuk menyampaikan kritik, teguran dan masukan.

Nah.

Jika orangtua harus menjaga tingkat kepercayaan anak terhadap guru, maka guru pun memiliki tugas untuk menumbuhkan kecintaan, kepercayaan, ketaatan dan penghormatan terhadap orangtua pada diri setiap murid. Upaya ini insyaAllah jauh lebih efektif dibanding jika masing-masing menyibukkan diri untuk mengingatkan murid agar menghormati diri. Perintah guru agar anak menghormati orangtua jauh lebih didengar daripada perintah untuk menghormati guru itu sendiri. Begitu pula sebaliknya, iklim penghormatan terhadap guru yang berkembang di rumah lebih mudah membangkitkan kepercayaan dan ketaatan.

Wallahu a'lam bish-shawab.
Respect! Menghargai, menyambut dengan hangat ujaran dan nasehat, ber-gairah dan menghormati gagasan dan pendapat guru merupakan pilar kedua keberhasilan pendidikan di sekolah. Kita lebih mudah menerima, menyerap, mencerna dan memahami apa yang diajarkan kepada kita apabila ada rasa hormat yang amat dalam pada diri kita terhadap sang pengjar, yakni guru. Ini berarti, sebelum berbincang tentang kompetensi guru atas materi yang diajarkan serta keterampilan dalam mengajarkan di kelas, kita harus terlebih dulu membangun sikap hormat pada setiap diri murid. Jika iklim penghormatan terhadap guru muncul, insyaAllah akan mudah bagi se-kolah untuk menumbuhkan dua iklim berikutnya, yakni motivasi dan belajar. Artinya, moti-vasi sudah merupakan bagian dari iklim sekolah. Bukan hanya kegiatan yang dilakukan pada waktu tertentu.
Tumbuhnya iklim penghormatan (respect climate) di sekolah menjadikan pembelajaran di kelas maupun luar kelas sebagai proses yang menyenangkan. Ada keinginan yang kuat pada diri murid untuk secara terus menerus menemukan pengalaman belajar. Mereka juga belajar membangun kompetensi personal berupa kemampuan menghargai diri, menilai diri, mengendalikan diri, serta menghargai orang lain. Jika suasana ini berkembang secara berke-sinambungan, maka setiap murid dapat menjadi penguat bagi murid lain. Di sinilah gairah belajar yang sesungguhnya akan tercipta. Di sinilah pembelajaran mandiri akan terbangun.

Pada tingkat ini, keterampilan mengajar yang kurang memadai menjadi "tidak terlalu mengganggu". Tentu saja bukan berarti guru boleh mengabaikan aspek ini. Justru sebaliknya, guru harus terus menerus mengembangkan kemampuan mengajar agar lebih komunikatif. Ingat, salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah tabligh (komunikatif) .

Nah, aspek yang sangat menentukan bagi tumbuhnya sikap respect murid terhadap guru adalah kepercayaan yang bulat. Ini berarti, menumbuhkan rasa hormat murid terhadap guru harus berbarengan dengan upaya membangun kepercayaan. Secara terus menerus kita perlu membangun dan menjaganya, meski guru tersebut sudah tidak lagi mengajar anak-anak kita.

Terakhir tapi bukan berarti tak penting adalah ikatan emosi antara murid dan guru. Ruang kelas yang bisa kita sediakan bagi murid-murid kita mungkin tak begitu nyaman. Tapi bila terdapat hubungan emosi yang sangat hangat dan kuat, maka apa pun bentuk ruangan kelasnya, pembelajaran akan senantiasa terasa menyenangkan.

Wallahu a'lam bishawab.


By.M. Fauzil Adhim

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes